Selalu Ada Sisi Positif dari Kegagalan


Selalu Ada Sisi Positif dari Kegagalan
Isa Alamsyah

Semua orang pasti pernah gagal.
Lalu apa yang membedakan orang sukses dengan yang tidak?
Orang-orang sukses adalah orang yang bisa mengambil sebanyak mungkin sisi positif dari sebuah kegagalan.
Orang-orang sukses melihat hambatan sebagai tantangan, yang bisa memperkuat jati dirinya.
Thomas Alva Edison menganggap ribuan percobaan yang dialaminya hanya sebagai sebuah proses, bukan kegagalan. Demikian juga Abraham Lincoln, Michael Jordan, dll.

"Kegagalan bukan berarti Tuhan sudah meninggalkan Anda. Dia mempunyai rencana yang lebih baik."
Dr. Robert Schuller

"Jika suatu hal gagal meskipun telah direncanakan dengan hati-hati, diatur dengan hati-hati, dan dilaksanakan dengan kesadaran penuh, kegagalan itu seringkali memperlihatkan sesuatu yang tidak terlihat, yaitu kesempatan."
Peter Drucker

“Saya tidak pernah gagal dalam ujian, saya hanya menemukan 100 cara yang salah."
Benjamin Franklin

Gagal terkadang memberikan sesuatu yang lebih baik
Dalam beberapa kasus, bahkan kegagalan justru memberikan hasil yang lebih baik.
Lihat kisah Christopher Columbus, penjelajah Spanyol yang mengarungi samudera menuju India ternyata nyasar ke Amerika. Dari kegagalan ini justru Eropa mengenal benua baru dan tercipta sejarah baru yang pengaruhnya kita rasakan hingga saat ini.

Mungkin kisah Frank Slazak ini akan memberi Anda inspirasi:
Frank Slazak mempunyai mimpi terbang keluar angkasa. Tetapi ia tidak memiliki apa yang dibutuhkan. Ia tidak memiliki gelar, dan bukan seorang pilot.
Namun, sesuatu pun terjadilah. Gedung putih mengumumkan mencari warga biasa untuk ikut dalam penerbangan pesawat ulang-alik dan warga itu adalah seorang guru. Frank adalah warga biasa dan seorang guru. Hari itu juga ia mengirimkan surat lamaran ke Washington.
Setiap hari ia melongok kotak pos, sampai akhirnya amplop resmi berlogo NASA datang. Doanya terkabulkan!
Ia lolos penyisihan pertama. Selama beberapa minggu berikutnya, perwujudan impiannya semakin dekat. Frank menerima panggilan untuk mengikuti program latihan astronot khusus di Kennedy Space Center.
Dari 43.000 pelamar, kemudian 10.000 orang, dan kini ia menjadi bagian dari 100 orang yang berkumpul untuk penilaian akhir. Siapakah di antara kami yang bisa melewati ujian akhir ini ? Tuhan, biarlah diriku yang terpilih!
Lalu tibalah berita yang menghancurkan itu. NASA memilih seorang guru perempuan untuk terbang dengan pesawat ulang alik. Impian hidupnya hancur. Ia mengalami depresi. Rasa percaya dirinya lenyap, dan amarah menggantikan kebahagiaan.
Selasa, 28 Januari 1986, Frank pergi melihat peluncuran Challanger. Saat pesawat itu melewati menara landasan pacu, ia menantang impiannya untuk terakhir kali.
"Tuhan, aku bersedia melakukan apa saja agar berada di dalam pesawat itu. Kenapa bukan aku?" doa Salazak.
Tujuh puluh tiga detik kemudian, Tuhan menjawab semua pertanyaannya dan menghapus semua keraguanku saat Challanger meledak, dan menewaskan semua penumpang.

Artikel ini dikutip dari buku "Jangan Takut Gagal" halaman: 41 dan 43 pada bahasan
konsep ke-4 Tentang kegagalan.
Buku ini membahas "9 Konsep Kegagalan yang akan menginsipirasi Anda untuk sukses untuk meraih sukses sekalipun menghadapi berbagai kegagalan"

Buku ini dijual dalam paket berjudul "Dendam Positif" tersedia di toko buku Gramedia, Gunung Agung dan Togamas

Paket Penjualan:
Buku motivasi ringan ini dijual dalam 1 paket dengan judul paket "Dendam Positif" karya Isa Alamsyah dan Asma Nadia.
Dalam satu paket ada 5 buku, yaitu (silakan diklik untuk tahu detail bukunya):

Apa komentar yang sudah membaca buku ini?

Firdaus, Depok :
Saya pernah baca buku lain tentang gagal, tetapi buku JANGAN TAKUT GAGAL ini jauh lebih baik daripada buku lain (tentang gagal) yang pernah saya baca.

Iis, Surabaya:
Buku ini praktis dan langsung kena sasaran, semangat saya bangkit kembali setelah baca buku ini.

Qadar (Bogor) :
Subhanallah. Allahu Akbar. Saya bingung harus bagaimana membangkitkan kembali semangat grup. Ternyata mudah dan murah. Saya pinjami buku Jangan Takut Gagal. Dasyat. Impian dan sikap mereka makin terjaga dan makin bergemuruh. Alhamdulillah perkembangan grup makin positif.

Budi Susilo, Lampung
Aku adalah penggemar seri paradigma. Ketika aku baru dapat buku Jangan Takut Gagal, tak baca ulang sampai 4 kali di hari itu, kemudian aku cari di toko buku ada sisa 4 buku tak beli semua, dan aku prioritaskan buku ini jadi bacaan wajib di group kami

Semoga juga bermanfaat untuk Anda.

1 comment

  1. mas isa kalo bleh tau harga paket buku itu brapa ya??? agar aku bsa nabung ne,,,

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon