Mau jadi Bos atau Leader


Sebagian besar orang menganggap, ketika seorang menduduki pucuk pimpinan sebuah perusahaan atau pemerintahan, mereka telah menjadi "pemimpin" atau "leader". Padahal tidak selamanya demikian.
Orang yang menduduki puncuk suatu organisasi memang menjadi "pimpinan" atau "bos" bagi yang lain. Mereka mempunyai kekuasaan yang lebih besar dari yang lain, tapi tidak berarti mereka otomatis menjadi "pemimpin" bagi yang lain.
Secara sederhana bisa dikatakan bahwa bos adalah pimpinan sedangkan leader adalah pemimpin.
Bos atau pimpinan atau atasan adalah kedudukan/jabatan struktural dalam sebuah organisasi atau komunitas. Sedangkan leader atau pemimpin adalah bentuk pengakuan dan penghormatan atas peran, fungsi, pengaruh dan kontribusi seseorang. Seorang bos atau pimpinan tidak selalu menjadi pemimpin bagi bawahannya. Sebaliknya banyak pemimpin yang dihormati dan dihargai, tapi tidak mempunyai jabatan struktural.

Apakah Anda Bos atau Leader?
Orang tua bisa menjadi bos atau leader
buat anak-anaknya.
Seorang manager bisa jadi bos atau leader
buat bawahannya.
Anda bisa jadi bos atau leader untuk diri sendiri.

Baca buku ini !
Silahkan putuskan Anda mau jadi Bos atau Leader

1 Comments

  1. Majid, Luwuk BanggaiFebruary 1, 2011 at 7:21 PM

    Untuk penyusun buku "Mau jadi BOS atau LEADER" yang terhormat. Saya senang sekali dengan buku Anda. Banyak ilmu yang saya dapatkan dari buku Anda untuk menjadi leader yang baik. Makasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post