Melakukan banyak hal dalam satu waktu

Melakukan banyak hal dalam satu waktu
Isa Alamsyah

Ada yang bertanya pada saya atau Asma Nadia bagaimana bisa menulis 50-an buku dalam jangka waktu beberapa tahun, padahal kami juga melakukan hal yang sama dengan kebanyakan orang selain menulis, seperti: tetap melakukan pekerjaan harian (bekerja/ berbisnis), mendidik anak-anak, bermain dengan anak, silaturahmi, dll.
Jawabannya sederhana, efisiensi waktu dan optimalisasi waktu.
Kami selalu merancang untuk bisa melakukan beberapa hal dalam satu waktu.

Buat banyak keluarga mungkin nonton film bersama keluarga adalah hiburan.
Buat kami menonton film bersama adalah hiburan, pendidikan, pelajaran menulis, pengajaran analisa, dll.

Ketika main game dengan anak-anak, selain untuk membahagiakan anak dan diri sendiri, saya gunakan kegiatan game sebagai saat untuk menilai karakter anak sebagai bahan pendidikan. Apakah dia suka curang, apakah ia punya mental pemenang, dsb?

Di kamar mandi saya sering menaruh satu buku tebal (Ingat datanya, setiap manusia dewasa menghabiskan waktu 2 tahun di kamar mandi selama hidupnya), di dekat meja makan juga taruh buku, di mobil juga taruh buku. Tanpa sadar dalam beberapa hari semua buku bisa terbaca, padahal hanya dibaca selingan ketika menunggu.

Dulu Ketika SMA (Terutama kelas III) kalau saya tidak kebagian duduk di bis, maka waktu berdiri di bis saya gunakan untuk menghapal rumus yang dicatat di kertas kecil, kalau dapat duduk di bis saya gunakan untuk membaca pelajaran. Setelah turun dari bis, ketika berjalan dari halte ke sekolah, digunakan lagi untuk menghapal sambil berjalan.
Hasilnya, ketika lulus SMA mendapat NEM tertinggi di sekolah, padahal ketika masuk ke SMA, peringkat saya nyaris terakhir hanya sedikit di atas cadangan (Ranking 243-an).

Hari ini saya mengantar Adam ke Bandung untuk bertanding bola. Selama menunggu saya gunakan kesempatan di Bandung untuk menelusuri pusat grosir kaos, grosir kain dan beberapa hal lain.
Hanya dalam beberapa jam di Bandung saya menemukan bisnis baru yang akan dikembangkan, dan itu dilakukan hanya di sela-sela waktu ketika menunggu Adam bermain bola.

Kalau saya beli es buah, rujak, somay, dll, sambil memesan saya sering bertanya-tanya tentang bahan, tips, porsi terjual dsb. Saya jadi pembeli sekaligus belajar bisnis.
Dari pembicaraan singkat itupun sudah terpikir beberapa bisnis baru.

Contoh menarik lainnya adalah ketika saya dan Asma Nadia, serta crew ANPH (Asma Nadia Publishing House) mengikuti shooting Rumah Tanpa Jendela (Klik jika ingin melihat trailernya).
Saat itu beberapa crew ANPH diundang untuk jadi figuran di adegan kebakaran (Di situ ada Dedi Padiku, Roonie, dan Adam Putra Firdaus sebagai figuran, dan ada juga Asma Nadia loh, lihat gak?).
Shooting dilakukan di daerah kumuh di Menteng Pulo yang merupakan tempat pembuangan sampah, rumah kumuh dan kuburan dalam satu tempat.
Namanya buat film, selalu saja lama untuk menunggu.
Lalu apa yang kami lakukan?
Kami (Asma Nadia Publishing House) membuat film sendiri (dengan handycam) di area pekuburan.
Film yang diberi label Menangkal Thriler ala Asma Nadia Publishing dibuat hanya dalam waktu satu jam-an di sela-sela shoting Rumah Tanpa Jendela dan film ini mempromosikan buku sebagai salah satu penghilang rasa takut, penghilang stres, dll.
Lumayan lucu loh filmnya.
Kalau mau lihat film yang kami buat lihat di youtube film berjudul Menangkal Thriler ala Asma Nadia Publishing (Silakan klik link di atas)


Nah kesimpulannya, jika Anda ingin mempunyai banyak karya dan lebih produktif.
Lakukan banyak hal dalam satu waktu. Bisa!
Percayakah, dalam tidur pun Anda bisa melakukan sesuatu yang produktif misalnya: Download data internet atau copy paste dokumen file besar menjelang tidur, mendelegasikan kerja, dsb.

Hargailah waktu, maka Anda akan dapat manfaat sebanyak-banyaknya dari waktu.

Sudah nonton RTJ?
Segera manfaatkan hari Minggu ini untuk menonton RTJ bersama keluarga.
Yang daerahnya belum masuk, bersabarlah, satu minta ke bisokop untuk segera memutar. Biasanya kalau ada permintaan, pihak bioskop akan cepat mengadakan filmnya.
(Di beberapa bioskop sudah turun, dan hanya kita penonton yang peduli film berkualitas yang bisa membuat film ini bertahan lebih lama).

JAKARTA

Theater
ATRIUM11:4513:4515:45--:----:--
BINTARO12:3014:4016:5019:0021:10
BLOK M SQUARE12:1514:2516:3518:4520:55
BUARAN12:4514:55--:----:----:--
CIJANTUNG12:4514:55--:----:----:--
GADING11:4513:4515:45--:----:--
KALIBATA11:4513:4515:45--:----:--
SLIPI JAYA12:0014:0016:00--:----:--
Last Update: Friday, 04 March 2011
Jadwal tayang dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
(All schedules are subject to change without notice.)
















CILEGON

Theater
CILEGON12:3014:40















0 Comments

Post a Comment