Kisah Kangguru yang Selalu Lolos dari Kandang Sekalipun Pagar Selalu Dibuat Lebih Tinggi. Kamu Akan Kaget Mengetahui Bagaimana Caranya?



oleh Isa Alamsyah

Sebuah kebun binatang heboh karena ada satu kangguru yang lepas dari kandangnya. Petugas kebun binatang berhasil menangkap kangguru tersebut dan mengembalikan ke kandangnya. Karena sadar kangguru bisa lompat, akhirnya petugas berwenang menambah tinggi pagar yang sebelumnya 1 meter menjadi 2 meter.
Keesokannya kangguru tersebut masih bisa keluar kandang.
Petugas kebun binatang tidak kehabisan akal, mereka menangkan dan mengembalikan kangguru tersebut ke kandang dan menambah 1 meter lagi hingga tinggi pagar mencapai 3 meter.
Keesokannya kangguru masih bisa berjalan-jalan diluar dan membuat heboh.
Kali ini petugas kebun binatang menambah pagar hingga 5 meter.
Keesokannya kangguru masih keluar dari kandang.
Sekali lagi petugas menambah tinggi pagar.
Koala yang berada di kandang samping bertanya pada kangguru yang terlihat santai memperhatikan petugas kebun binatang melakukan renovasi pagar setiap hari.
"Sebenarnya berapa tinggi kamu bisa melompat," tanya koala.
"Ini sebenarnya rahasia, tapi faktanya saya tidak peduli berapa tinggi pagar mereka buat. Selama mereka lupa mengunci pintu belakang kandang, maka setiap malam aku akan bisa terus keluar kandang!"


Humor dan hikmah
Salah menganalisa masalah, itulah yang terjadi pada para petugas kebun binatang.
Mereka mengira kangguru keluar kandang dengan melompati pagar sehingga mereka menambah dan menambah lagi tinggi pagar.
Padahal kangguru setiap malam keluar lewat pintu belakang yang lupa dikunci.
Salah analisa masalah akan mengakibatkan pembengkakan biaya yang tidak perlu.
Selain itu juga tidak menyelesaikan masalah.
Karena itu harus berhati hati dalam menganalisa masalah karena seringkali salah analisa, bisa beresiko fatal.
Misalnya korupsi, banyak yang menganggap korupsi karena gaji kecil. Ternyata ketika gaji diperbesar justru korupsinya tidak mau kecil-kecilan lagi. Ternyata masalahnya ada pada iman, profesionalisme, dedikasi dan penegakkan hukum. Jadi anggaran gaji sudah membengkak tapi masalah korupsi tidak selesai.
Dan contoh lain masih banyak, Anda bisa menambahkan contohnya.
Pernahkan Anda mengalaminya? Ada contoh lain?

========


Dapatkan beragam humor dengan penuh hikmah yang memotivasi di buku Humortivasi.
Saat ini buku Humortivasi tidak lagi dijual di toko buku dan hanya dijual online di
www.facebook.com/groups/tokoasmanadia
atau bisa lewat WA (hub salah satu saja)
Richie +62 838-7468-6083,
Wiro +62 852-1868-3858, Kamal +62 858-9115-8876

13 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Kesalahan kecil akibatnya banyak hal yang terbuang sia - sia..

    ReplyDelete
  3. dan tidak ada keberanian juga...
    dari presiden beserta antek2 nya semuanya bencong cong cong cong.....
    besok2 presiden kita pake daster aja ke istana negara....
    katanya tentara yg gagah, tegas, berani dan tangguh tak gentar terhadap apapun tapi kok LOYO.
    terlalu banyak intimidasi dan deskriminasi dari pihak luar padahal negara kita negara kuat dan kaya, bodoh sekali pemimpin negara ini ga berani melawan tekanan dari luar sehingga di pandang sebelah mata negara kita oleh negara lain dan masih banyak nya kekayaan negara kita dikeruk oleh negara lain...
    BODOH PEMIMPIN NEGARA INI YANG GA MAU BELAJAR DARI SEJARAH.

    ReplyDelete
  4. cerita kanguru tersebut mengusik kita bahwa itulah kondisi " pada umumnya" dinegara ini , pemimpin / pengambil keputusan berpikir terlalu simpel , hanya menerima masukan tanpa mau melihat / menganalisa suatu kasus. Pertanyaan kenapa ?? 1. Dia berkepentingan dalam proyek tersebut. 2 Dia tidak pinya kemampuan / kapasitas dalam jabatan tersebut . 3 dia dibawah tekanan / power dari orang / atasan / partai pendukung dst. Faktual / jelas2 terjadi saat ini Susno Duadji di kerangkeng dengan alasan direkayasa , padahal masalah yang dusampaikan / info jauh lebih besar dan jelas. Yang diduga saat ini diberi jabatan strategis ( bintang satu ) korban cukup KOMPOLkebawah. Politik ini tetap dipertahankan tunggulah kehancuran, minimal rakyat sudah hilang kepercayaan kepada Pemimpinnya.

    ReplyDelete
  5. Cerita lain : Di sebuah desa yang cukup terpencil di suatu negara di Eropa, angka kelahiran bayi cukup tinggi. Berbagai upaya telah dilakukan, sampai-sampai para akhi KB (Keluarga Berencana) dari Indonesia didatangkan. Tetap saja gagal. Pada akhirnya diketahui pokok permasalahannya adalah : desa tersebut dilewati kereta api pada setiap jam 4 dini hari, dimana membuat banyak warga terbangun. Mau diteruskan tidurnya, tanggung takut kesiangan. Hiburan lain (misal televisi atau apalagi internet) tidak ada. Bagi pasangan usia subur, ya ngapain lagi kalau gak (maaf) melakukan hubungan suami istri.... jadi setelah tahu permasalahannya, solusinya adalah perubahan jadwal perjalanan kereta api yang melewati desa tersebut !

    ReplyDelete
  6. Kurang cermat dalam menangani akar sebuah masalah, membuat kita membayar dengan harga mahal untuk sekedar menyelesaikannya...padahal itu sis-sia..

    ReplyDelete
  7. kalau saja pemimpin kita berpikir sistimatikanya benar , insya allah Indonesia keluar dari keterpurukan. yang dibutuhkan saat ini pemimpin benar pintar yang amanah

    ReplyDelete
  8. iya betul sekalli, kalau saja kita bisa merenungkan sedikit saja apa permasalahan sebenarnya,, pasti semua akan lebih baik....
    mudah2an Alloh akan senantiasa menjaga kita dan cara berfikir kita, amin

    ReplyDelete
  9. Saya sbg seorang guru,mungkin pernah melakukan hal serupa,yakni membuat kesimpulan murid yang selalu salah,padahal mungkin guru juga bisa salah (kurang mendoakan muridnya ,kurang menguasai materi dsb)

    ReplyDelete
  10. Wahyu SusiloningtyasJanuary 27, 2011 at 7:31 AM

    Astaghfirullahal'adziiiimm..... jgn2 saya jg prnh ( mdh2an ga sering) melakukan kesalahan semacam cerita diatas... terutama dlm menangani permasalahan dgn anak2 sy.... Ya Allah ampuni hamba dan juga pemimpin negeri ini ... berilah kami semua hidayahMu, agar kami tetap berada di jalan yg lurus,... jalan orang2 yang Engkau beri nikmat, bukan jalan org2 yg Engkau murkai.... Amien.

    ReplyDelete
  11. Yup, Terima kasih teman2 atas inspirasinya. Semoga kita dapat menarik hikmah dari diskusi in dan belajar untuk menerapkannya dalam keseharian kita. Mudahkan kami ya Rabb. Amin

    ReplyDelete
  12. luar biasa!!!
    artinya manusia bisa dikalahkan oleh kangguru...
    mka dari itu belajarlah dari kangguru
    hehhe

    ReplyDelete
  13. lagi-lagi tetap membawa hikmah. trims pak Isa. By the way, boleh saya tahu contact personnya Komunitas Bisa?

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon