No Excuse? Bisa sukses sekalipun pada bidang yang tidak diminati

Banyak yang percaya bahwa masa depan ditentukan oleh minat, keinginan atau cita-cita. Jika tidak berminat pada suatu bidang maka tidak akan sukses di bidang tersebut.
Anggapan ini akan membelenggu masa depan karena terikat pada bidang yang kita sukai saja, sehingga terkadang berbagai peluang lewat di depan mata dibiarkan, padahal mungkin masa depan lebih baik ada di sana, di tempat yang tidak kita minati.
Pada kenyataannya, tidak selamanya kesuksesan tergantung pada minat. Tidak ada "EXCUSE" untuk menerima kegagalan hanya karena kita berminat pada bidang tersebut.
Jangan penjara masa depan kita dengan minat dan ketertarikan kita pada bidang tertentu yang terbatas.

Banyak orang sukses sekalipun awalnya itu bukan bidang yang diminati, bukan yang dicita-citakan, seperti tokoh-tokoh di bawah ini :
Danzel Washington, ketika muda ia sangat ingin menjadi pemain American Football professional namun gagal. Kini ia adalah salah satu aktor peraih oscar termahal bayarannya di dunia.

Michel Jordan ketika kecil ia ingin sekali menjadi pemain baseball namun gagal, kini ia dikenal sebagai pemain legenda basketball paling fenomenal.

Tantowi Yahya, sejak kecil cita-citanya jadi diplomat, tapi kandas karena ia lulusan STM. Kini apa yang dicapai Tantowi Yahya, jauh di atas kebanyakan diplomat, baik secara finansial, popularitas bahkan manfaat bagi masyarakat. Dan ia pun kini menjadi duta, duta baca Indonesia.

Jose Mourinho adalah satu pelatih sepak bola sukses. Setiap tim yang dilatihnya keluar sebagai pemenang. Sebenarnya Jose Mourinho sangat ingin menjadi pemain bola tapi ia dinyatakan tidak qualified untuk pemain sepak bola profesional. Akhirnya ia mencari jalan lain untuk tetap dekat dengan sepak bola, kuliah jurusan olah raga, menjadi penerjemah pelatih hebat lalu akhirnya jadi pelatih.

Dikutip dari buku NO Excuse karya Isa Alamsyah
Baca kisah lengkapnya !

1 Comments

  1. makasih Bpk Isa A .... atas informasinya ...! saya pelajari dulu nanti kalau udah yakin pasti meluncur...!

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post